Volume 7, Nomor 2, Agustus 2010 / Sha’ban 1431 H

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengaruh Investment Opportunity Set dan Mekanisme Corporate Governance

Terhadap Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan

 

Rahmawati Hanny Yustrianthe
Andri Christian             71 – 82

Abstract

The Influence of Investment Opportunity Set and Corporate Governance Mechanism on Earnings Quality and Value of the Firm. The objective of this study is to examine the influence of IOS and corporate governance mechanism toward earnings quality and firm value in manufacturing companies that listed at Indonesia Stock Exchange. Independent variables are IOS and corporate governance mechanism (audit committee, board of commissioner, institutional ownership, and managerial ownership). Dependent variables are earnings quality and firm value. Control variable are public accountant, leverage, and size.. Populated in this research is all public companies listed at Indonesia Stock Exchange. With purposive sampling method, the numbers of samples are 14 manufacturing companies and 70 observations. By using multiple regression analysis, the results shown that IOS has no influence on earnings quality and firm value. Audit committee has influence to earnings quality but didn’t have influence to firm value. Board of commissioner, institutional ownership, and managerial ownership didn’t have influence to earnings quality and firm value. The results shown that corporate governance mechanisms have worked effectively to increase company’s performance.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Investment Opportunity Set (IOS) dan mekanisme Tata Kelola/Pamong (Corporate Governance-CG) terhadap Kualitas Laba (Earning Quality-EQ) dan Nilai Perusahaan (Firm Value-FV). Variabel independennya adalah IOS dan mekanisme CG (meliputi komite audit, dewan komisaris, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial). Dependen variable meliputi EQ dan FV. Sedangkan variable kontrolnya meliputi akuntan publik, leverage dan ukuran perusahaan (Size). Populasi penelitian ini semua saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan melalui metode purposive sampling terpilih 14 sampel saham manufacturing dan 70 observasi. Melalui analisis regresi berganda, diperoleh bahwa IOS tidak mempunyai pengaruh terhadap EQ dan FV. Komisi audit memiliki pengaruh pada EQ namun tidak berpengaruh terhadap FV. Sedangkan dewan komisaris, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak memberikan pengaruh pada FV. Konklusi penelitian ini adalah mekanisme CG yang berkerja efektif dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

 

Pelayanan Petugas, Prasarana dan Proses Pelayanan, Dampaknya terhadap Loyalitas

(Studi Kasus di R.S. X Bandung)

 

Ruddy Kurniadi
Nandan Limakrisna       83 – 94

Abstract

The Impact on Good Service towards Loyalities of Patients at X-Hospital in Bandung. The aim of this research is to know quality of employee’s service, facilities to support service and process to give services during patients who stay in the Hospital. The method of this research is to use descriptive and explanatory surveys. The unit of analysis is a specialist of 52 medical doctors who work at surgery installation. The results of this research show that the quality of employee’s service, facilities and process of services is enough good (fair). As a Conclusion, employee’s services, facilities and process of services are significant impact to make all medical doctors to work with loyality.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan petugas, prasarana dan proses pelayanan terhadap loyalitas pasien yang merupakan studi kasus di sebuah rumah sakit di Bandung. Metode yang digunakan adalah metode survai deskriptif dan eksplanatori. Unit analisis dalam penelitian ini adalah dokter spesialis di instalasi bedah sentral dengan responden 52 orang Dokter Spesialis Pembedah. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa Pelayanan petugas yang ada pada Insatalasi Bedah Sentral cukup baik. Prasarana yang ada di Instalasi Bedah Sentral dinilai oleh Dokter Spesialis cukup baik. Proses Pelayanan Pada Dokter Spesialis tetap di Instalasi Bedah Sentral RS X dinilai Dokter Spesialis cukup baik. Konklusi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan petugas, prasarana fisik, dan proses pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas terhadap Dokter Spesialis, serta secara parsial prasarana dominan mempengaruhi loyalitas Dokter daripada pelayanan petugas dan proses pelayanan.

 

Strategi Manajemen Risiko terhadap Pembiayaan Mudharabah untuk

Mencegah Pembiayaan Bermasalah

 

Ahmad Syarifuddin
Muhamad Nadratuzzaman Hosen       95 – 110

Abstract

Strategy of Risk Management Regarding Mudharabah Financing to Prevent Problems of Financing. The aim this study was to determine the strategy used each Islamic bank in anticipation of financing problems that raised from the products of financing. Then, from each of these strategies, was tested the level of effectiveness. Strategy which banks have an effectiveness level of financing problems could prevent financing problems. Hopefully, after knowing the effectiveness level of the bank’s strategy, then the Mudharabah portion of financing will get more than product of Murabahah as a sale basis. The resuls of this study indicated that the risk management focused on project financing committed by Bank Muamalat Indonesia proven more effective than risk management of Islamic Bank Bukopin that focused on how capable of financing prospective of customers.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan masing-masing bank Syariah dalam mengantisipasi pembiayaan bermasalah yang dimunculkan dari produk pembiayaan Mudharabah. Kemudian dari masing-masing strategi tersebut, diuji tingkat keefektifitasannya. Strategi bank mana yang memiliki tingkat efektiftifitas dapat mencegah timbulnya pembiayaan bermasalah dari produk pembiayaan Mudharabah. Dengan harapan, setelah mengetahui tingkat keefektifitasan strategi bank tersebut, maka pembiayaan Mudharabah akan mendapatkan porsi yang lebih dibanding produk-produk berbasis jual-beli, seperti Murabahah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fokus manajemen risiko terhadap project financing yang dilakukan oleh Bank Muamalat Indonesia terbukti lebih efektif dibandingkan Bank Syariah Bukopin yang dalam manajemen risikonya terhadap pembiayaan menitikberatkan pada seberapa capable calon nasabah.

 

Gaya Kepemimpinan, Promosi dan Motivasi Kerja (Studi Kasus di PT. X)

 

Achmad Muhamad
Nandan Limakrisna       111 – 120

Abstract

Leadership Style, Promotion and Motivation. The aim of this research are to collect data, to interpret data which explain characteristics of leadership on employee promotion to imply employee motivation. The results of this research can be explained generally of follow; (a) leadership is a good, because the leader is smart, mature, social-responsive, self-motivation strong achievement, good attitude and humanity which are strong impact on performance of employees, (b) career promotion is a fair, because program of promotion depends on duration of work and achievement of employee and (c) leadership is to influence career promotion and leadership can influence motivation as well as career promotion.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memperoleh berbagai data yang terkumpul dianalisis dan diinterpretasikan sehingga dapat memperoleh gambaran mengenai pengaruh kepemimpinan terhadap pelaksanaan promosi pegawai serta implikasinya terhadap motivasi pegawai. Tujuan penelitian adalah untuk : (1) Mengetahui gaya kepemimpinan di PT. X. (2) Mengetahui pelaksanaan promosi pegawai di PT. X. (3) Mengetahui pengaruh kepemim-pinan terhadap pelaksanaan promosi pegawai. (4) Mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi pegawai. (5) Mengetahui pengaruh pelaksanan promosi pegawai terhadap motivasi pegawai. Hasil penelitian ini, kepemimpinan di PT. X pada umumnya baik, karena ciri utama yang mempengaruhi keberhasilan seseorang untuk memimpin suatu organisasi adalah kecerdasan, kedewasaan dan hubungan sosial, motivasi diri dan dorongan untuk berprestasi, serta sikap hubungan manusiawi yang kesemuanya dapat meningkatkan kinerja pegawai. Promosi pegawai yang dilakukan PT. X pada umumnya cukup baik, program promosi yang ditawarkan sesuai dengan masa kerja dan prestasi kerja serta cukup adil dalam menentukan promosi yang dilaksanakan. Kepemimpinan berpengaruh terhadap promosi pegawai, kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi pegawai, dan promosi berpengaruh terhadap motivasi pegawai.

 

Rencana Strategis, Keunggulan Posisional, Citra Institusi dan

Kinerja Perguruan Tinggi Swasta

 

Perdana Wahyu Santosa         121 – 136

Abstract

Strategic Plan, Positional Advantage, Image Institutions and Performance of Private Higher Education. This paper attemps to find some recent problems and chalenges that face the private universities in Indonesia and constructs a framework of strategic thinking as a base of highly competitive-ness strategic planning. Private Higher Educational Iinstitution Coordinator III and IV predicted that 20% of PTS may have collapsed because do not reach minimum target of student body. PTS’s strategic planning base on market oriented have to be planned to explore and exploit sources of excellent possesed in form the organizational capability. It is important for the PTS to optimize the sources of excellent possesed to know the strenghts and weaknesses especially human capability as human capital before planning and implementing their strategic planning. The conclusion of this paper are determination of strategic planning considering the source of competitive advantage possesed by PTS will increase the level of accurate strategic planning and affects on the marketing performance. Furhermore, image institution is influenced by factor of positional superiority which consists of emotional relationship, trust and loyalty affect on covering of number of new students and quality of graduates.

Abstrak

Makalah ini bertujuan untuk menemukan beberapa masalah terkini yang sedang dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia dan mengkonstruksi kerangka pemikiran strategik sebagai dasar perencanaan strategik yang kompetitif. Korordinator Perguruan Tiinggi Swasta (Kopertis) III dan IV memprediksi bahwa 20% PTS berpotensi kolaps karena tidak dapat mencapai student body minimum. Rencana strategik PTS seharusnya berlandaskan market oriented yang disusun atas eksplorasi dan eksploitasi source of excellent unutk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi terutama kapabilitas organisasinya. Optimasi human capability sebagai human capital menjadi penting bagi PTS sebelum merencanakan dan mengimplementasikan rencana strategiknya. Konlusi dari makalah ini adalah determinasi rencana strategik yang dilandasi oleh keunggulan bersaing yang dimiliki PTS menentukan akurasi rencana strategik. Hipotesis saya adalah kinerja pemasaran PTS dipengaruhi oleh tingkat akurasi rencana strategiknya. Lebih jauh, citra institusi PTS dipengaruhi oleh hubungan emosional, kepercayaan, dan loyalitas pemangku kepentingan PTS yang berdampak signifikan pada jumlah mahasiswa baru dan kualitas lulusan.

 

Keterikatan Perbankan Syariah dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia

 

Nurul Huda
Efendy Zain         137 – 151

Abstract

Linking Of Shariah Banking With Small Micro Medium Enterprises (SMME) In Indonesia. The aim of this descriptive study is to identify, linking of shariah banking with Small Micro Medium Enterprises (SMME) in Indonesia. SMME contribution to GDP on 2006 was Rp 1.034.142,70 billion from total of GDP was Rp 1.626.803,90 billion or 63.5%. In 2007 had increased to be Rp 1.097.833,30 billion and continued on 2008 risen again to be Rp 1.163.783,40 billion. Beside that during 2006-2008 period SMME sector acted nearly 97% the absorption of Indonesian man power. Correlation of Shariah Banking with SMME development could see from high financing which distributed during 2005 till January 2010 BUS and UUS had given financing allocation which amount enough and continually had increasing. In conclusion of this study, amount financing had been distributed to SMME 60% from the total financing until the end of December 2009 the financing was distributed 73%. That matter with BPRS in contributing financing was also more domination than sector of small business and middle.

Abstrak

Tujuan studi deskriptif ini adalah mencari identifikasi awal kerterkaitan perbankan Syariah dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap PDB pada tahun 2006 sebesar Rp 1.034.142,70 milyar dari total PDB sebesar Rp 1.626.803,90 Milyar atau sebesar 63.5%. Pada tahun 2007 mengalami peningkatan menjadi Rp 1.097.833,30 Milyar dan seterusnya tahun 2008 naik kembali menjadi Rp 1.163.783,40 Milyar. Selain itu Selama periode 2006-2008 sektor UMKM berperan hampir 97% penyerapan tenaga kerja Indonesia. Terkait hubungan perbankan Syariah dengan perkembangan UMKM dapat dilihat dari besaran pembiayaan yang disalurkan, Selama periode 2005 hingga Januari 2010 BUS dan UUS sudah memberikan alokasi pembiyaan yang cukup besar dan terus mengalami kenaikan. Konklusi studi ini adalah bahwa besar pembiayaan yang disalurkan pada UMKM sebesar 60% dari total pembiayaan dan hingga akhir desember 2009 pembiayaan yang disalurkan sebesar 73%. Begitupula halnya dengan BPRS yang dalam menyalurkan pembiayaan juga lebih dominan pada sektor usaha kecil dan menengah.